Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi STAFF Penerbangan? Ini Jawabannya

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi STAFF Penerbangan

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi STAFF Penerbangan

Selain menjadi Dokter, Tentara, PNS, Pilot atau Pramugari, Menjadi STAFF Penerbangan dan Bekerja di Bandara juga menjadi salah satu dari impian diidamkan oleh setiap remaja yang baru lulus SMA/SMK atau sederajat. Bagaimana Tidak? Menjadi STAFF Penerbangan juga memiliki Gaji yang lumaya besar.

Selain mendapatkan Gaji yang lumayan besar, Menjadi STAFF Penerbangan juga akan mendapatkan Banyak Pengalaman yang didapatkan terutama Bertemu Artis, Pejabat atau bahkan ketemu jodoh hehe..

So, untuk menjadi STAFF Penerbangan Apakah Harus Lulusan SMA Saja? Pertanyaan ini mungkin juga pernah muncul di benak Anda. Nah, untuk mencari tahu jawabannya silakan simak artikel ini selengkapnya.

Apa Itu STAFF Penerbangan?

Bagi kalian yang masih awan atau belum paham dengan Dunia Penerbangan atau bahkan bagi yang belum pernah naik peawat. Profesi STAFF Penerbangan Mungkin masih terdengar cukup asing.

Profesi STAFF Penerbangan mempunyai peranan yang cukup penting dalam Dunia Penerbangan. Maka dari itu prospek kerja untuk profesi ini terbilang sangat menjanjikan, Apalagi seiring peningkatan sektor pariwisata dan industri penerbangan di Indonesia.

Profesi STAFF Penerbangan dan Pramugari itu Berbeda, Walaupun mereka sama-sama bekerja di Dunia Penerbangan. Nah, terkadang kebanyakan orang yang masih awam menyamakan antara keduanya.

Untuk Pramugari atau Flight Attendant bertugas memberikan pelayanan terhadap penumpang Selama Penerbangan, sekaligus menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan berlangsung. Sehinga bagi yang kurang menyukai pekerjaan di ketinggian, STAFF Penerbangan adalah Profesi yang Pas.

Sedangkan STAFF Penerbangan atau Ground Handling adalah Petugas yang mempersiapkan atau memberikan pelayanan kepada penumpang sebelum keberangkatan dan sesudah keberangkatan di bandara.

Nah, Beda jauh bukan tugasnya? Walaupun sama-sama memberikan pelayanan tapi Pramugari dengan STAFF Penerbangan memiliki kawasan yang berbeda. Pramugari Tugasnya di Dalam Pesawat, Sedangkan STAFF Penerbangan tugasnya di bandara atau di darat.

Tugas Tugas STAFF Penerbangan

Sebenarnya Tugas Menjadi STAFF Penerbangan bukanlah hal yang sulit, Tapi Tugas Menjadi STAFF Penerbangan bukan pula pekerjaan yang mudah apalagi bagi yang masih awam.

Dilansi dari SekolahPenerbangan.org, Profesi STAFF Penerbangan memiliki beberapa bagian dan mempunyai tugas yang berbeda-beda. Akan tetapi, dari setiap tugas STAFF Penerbangan mempunyai tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan terhadap pengguna Jasa Penerbangan selama di Bandara.

Jika Anda pertama kali samapi di Bandara, Anda akan menemui kakak-kakak cantik atau abang-abang ganteng disana. Nah itulah Petugas yang bekerja sebagai STAFF Penerbangan, biasanya mereka identek dengan menggunakan ID Card atau Kartu Identitas serta menggunakan seragam sesuai Maskapai Penerbangan tempat mereka bekerja.

Biasanya, STAFF Penerbangan akan membantu para penumpang untuk menangai Bagasi, Proses Check-in atau melayani penjualan Tiket keberangkatan. Karena tugas penting itulah, STAFF Penerbangan menjadi kompenen utama dari Maskapai Penerbangan.

Jika tanpa adanya STAFF Penerbangan, Maka Penerbangan akan kacau. Hal itu karena berkaitan dengan jumpang penumpang dan berang bawaan penumpang, Jika tidak di cek dengan teliti maka bisa terjadi hal yang tidak di inginkan terjadi. Itulah kenapa STAFF Penerbangan sangat penting dalam proses penerbangan.

Syarat Menjadi STAFF Penerbangan

Sebelum Anda melamar untuk Menjadi STAFF Penerbangan, sebaiknya Anda ketahu dulu Syarar Syarat Menjadi STAFF Penerbangan. Karena proses menjadi STAFF Penerbangan bukanlah perkara yang mudah, Terlebih STAFF Penerbangan merupakan Profesi dengan minat yang cukup banyak.

Sebetulnya, Setiap Maskapai Penerbangan memiliki beberapa Persyaratan khusus untuk merekrut STAFF Penerbangan. Ada yang harus menimal menguasai 3 bahasa, memiliki pengalam kerja di bidang pelayanan atau tidak boleh memiliki Tatto.

Namun tetap saja, Secara umum semua Maskapai Penerbangan memiliki beberapa kualifikasi dan persayratan yang 70% sama. Berikut contoh kualifikasi dan Syarat menjadi STAFF Penerbangan.

  • Wanita atau Pria
  • Usia Minimal 18 Tahun
  • Pendidikan Minimal SMA/SMK Sederajat
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak Buta Warna dan Hepatitis
  • Memiliki Tinggi Badan Minimal 158cm Untuk Wanita
  • Memiliki Tinggi Badan Minimal 165cm Untuk Pria
  • Memiliki Berat Badan Proporsional
  • Belum Menikah
  • Berkelakuan Baik dan Berkepribadian Menarik
  • Tidak Pernah Terlibat Dengan Segala Tindakan Yang Melanggar Hukum
  • Dapat Berkomunikasi Dengan Baik
  • Menguasai Bahasa Asing Khususnya Bahasa Inggris Lebih Diutamakan.

Jika Muncul Pertanyaan Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi STAFF Penerbangan? Tentu Jawabannya adalah Bisa.

Baik SMA atau SMK sekarang bukanlah suatu masalah, karena mayoritas di Indonesia adalah SMA dan SMK. Untuk mendaftar sebagai STAFF Penerbangan memang minimal SMA/SMK sederajat.

Pendidikan Minimal SMA/SMK sederajat menjadi Syarat yang wajib dan utama. Jika Anda masih sekolah di bawah SMA atau SMK kemungkinan berhasil sangatlah kecil.

Namun, akan lebih baik dan Anda akan memiliki peluang yang lebih besar jika Anga mengikuti Pendidikan atau Pelatihan khsus terlebih dahulu sebelum mendaftar STAFF Penerbangan.

Pelatihan tersebut bisa kamu dapatkan di Sekolah Penerbangan, Dimana Anda akan dibekali dengan wawasan tentang Ilmu Penerbangan hingga tips agar lolos menjadi STAFF Penerbangan.

Akan tetapi, Pasikan Sekolah Penerbangan tersebut mempunyai kualitas pendidikan yang baik serta memiliki Izin atau Legalitas Resmi dari Pemerintah.

Tips Lolos Tes Interview STAFF Penerbangan

Berikut ini beberapa Tips Lolos Interview Untuk Menjadi STAFF Penerbangan yang mungkin bisa Anda jadikan referensi atau pengetahuan supaya sukses melewati tahap interview dan diterima.

  1. Berpenampilan Menarik Dengan Tidak Menor
  2. Persiapan Waktu Yang Baik, Jangan Terlambat
  3. Kontak Mata, Fokus Kepada Tim Interview
  4. Jangan Gugup
  5. Tetap Sopan
  6. Bersikap Yang Baik
  7. Mengetahui Informasi Perusahaan & Informasi Pekerjaan Yang Sedang Anda Lamar.

Karir STAFF Penerbangan memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, Profesi STAFF Penerbangan bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat ditambah peminatnya sangat banyak. Maka disinilah peran penting Sekolah STAFF Penerbangan untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya.

Semoga dari penjelasan tersebut Anda dapat menyimpulkan jawaban tentang pertanyaan Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi STAFF Penerbangan? Jawbannya Tentu Saja Bisa.

Namun, Selain Harus Lulusan SMA/SMK Sederajat, Anda juga harus mempunyai keahlian khusus yang bisa Anda dapatkan di Sekolah Penerbangan.

Semoga Bermanfaat yaa..

Sharing is caring

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *