Inilah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Sesuai Rumus BMI

Inilah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Sesuai Rumus BMI

Inilah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Sesuai Rumus BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari, Profesi pramugari seakan tiada habis nya untuk di bahas, bahkan sampai dengan saat ini profesi pramugari masih banyak dicari dan diminati oleh sebagian besar orang. Terutama wanita, karena dengan menjadi seorang pramugari memberikan kesan yang cantik, pintar, anggun dan berwibawa.

Namun untuk menjadi seorang pramugari tentu saja tidak mudah, karena terdapat beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan harus dipenuhi oleh setiap calon Pramugari.

Adapun salah satu di antaranya adalah mempunyai pengetahuan di bidang penerbangan, memiliki attitude yang baik, harus bisa bahasa Inggris, tidak buta warna, kesehatan baik sampai dengan berat badan yang ideal.

Tinggi Badan dan Berat Badan Ideal Pramugari

Jika Anda ingin menjadi seorang pramugari, tentu saja harus mengukur tinggi dan juga berat badan lebih dulu untuk bisa menemukan berat dan juga tinggi badan yang ideal.

Mengingat berat dan tinggi badan yang ideal menjadi salah satu syarat untuk mendaftar menjadi pramugari, maka Anda harus berusaha untuk membuat tinggi dan berat menjadi ideal.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana rumus Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Sesuai Rumus BMI (Body Mass Index).

Dengan demikian nantinya Anda bisa memiliki potensi untuk masuk ke dunia penerbangan khususnya sebagai Pramugari. Pada dasarnya rumus perhitungannya terdapat beberapa cara, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Inilah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Sesuai Rumus BMI (Body Mass Index).

Yang pertama adalah rumus Index Massa Tubuh (IMT) dalam artian Anda bisa menghitung berat badan yang ideal menggunakan index massa dari tinggi tubuh Anda.

Untuk menghitungnya sendiri juga terbilang sangat mudah yaitu dengan rumus berat badan ideal = berat badan : (tinggi badan x tinggi badan). Untuk contoh penghitungannya sendiri adalah jika Anda mempunyai berat badan 65kg, dan tingginya adalah 1,65m, maka hasil untuk berat badan idealnya adalah 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8.

Jika sudah ketemu dengan angka tersebut, maka Anda bisa melihat keterangan seperti:

  • Kurang Dari (<18,5) Kekurangan Berat Badan
  • 18,5 – 24,9 Normal (Ideal)
  • 25,0 – 29,9 Kelebihan Berat Badan
  • 30 atau Lebih Obesitas
  • Jadi bisa mendapatkan hasil jika 23,8 berat badan Anda tergolong Normal (Ideal).

Rumus David B. Katzin

Kemudian yang kedua adalah rumus menghitung berat badan ideal menggunakan cara dari David B.Katzin. Untuk rumus berat badan cara ini sendiri adalah tinggi badan dikurangi 100 x 90%.

Jadi jika tinggi badan Anda 170cm, maka untuk perhitungannya adalah (165–100 ) x 90% = 58,5kg. Jadi untuk Anda yang mempunyai tinggi badan 170cm berat badan ideal Anda sekitar 58,5kg.

  • Jika berat badan Anda terbilang semakin besar sekitar 10 sampai dengan 20%, dari berat badan yang ideal sesuai dengan perhitungan tersebut, maka berarti Anda kelebihan berat badan.
  • Jika berat badan Anda lebih besar 20%, maka Anda obesitas.
  • Sedangkan jika berat badan kurang dari 10%, maka Anda tergolong kurus.

Rumus Mana Yang Harus Dipakai?

Ada sebuah dilema dari ke-2 rumus perhitungan yang ada di atas, Untuk Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari manakah Rumus yang sebaiknya digunakan?

Rumus BMI (Body Mass Index) adalah Rumus perhitungan Berat badan Ideal yang sebaiknya Anda gunakan, karena Rumus BMI adalah Rumus yang sering digunakan maskapai untuk menghitung Berat Badan Ideal Calon Pramugari.

Jadi itulah beberapa Rumus Menghitung Berat Badan Ideal pramugari yang bisa Anda jadikan sebagai patokan apakah Anda memiliki potensi untuk menjadi seorang Pramugari atau tidak?

Jika berat badan dan tinggi badan Anda sudah proporsional, maka tentu saja Anda sudah bisa mencoba untuk mendaftarkan diri untk menjadi seorang pramugari.

Namun untuk bisa menjadi seorang pramugari, Anda juga perlu memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang dunia penerbangan, oleh karena itu Anda perlu mengikuti program pendidikan di Sekolah Pramugari.

Untuk info lebih lanjut tentang Sekolah Pramugari kalian bisa cek di Website Resmi Sekolah Pramugari atau bisa langsung  menghubungi panitia penerimaan siswa siswi baru. Semua informasi tersebut bisa Anda temukan di Google.com.

Sharing is caring

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. 07/07/2020

    […] Selain Rumus Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pramugari yang ada di atas, Anda juga bisa menggunakan rumus BMI (Body Mass Index), Klik Cara Mengukur Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI. […]

  2. 26/11/2020

    […] Baca Juga : Inilah Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Sesuai Rumus BMI […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *