Definisi BANDARA (Bandar Udara) Menurut Ilmu Penerbangan & Fungsinya

Definisi BANDARA Bandar Udara

Definisi BANDARA Bandar Udara

Sudah diakui oleh Dunia Internasional bahwa Penerbangan adalah salah satu pemacu Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi. Industri Penerbangan sebagai salah satu moda transportasi merupakan urat nadi perekonomian suatu bangsa atau Negara.

Bisa dipastikan jika urat nadi tersebut beroperasi dengan maksimal, Maka Pertumbuhan suatu bangsa atau Negegara juga akan semakin sehat dan berkembang.

Berbicara tentang Indsutri Penerbangan, tentu saja Kita akan mengenal dengan Istilah Bandara. Disinilah Admin akan membahas tentang Definisi BANDARA (Bandar Udara) Menurut Ilmu Penerbangan.

Definisi Bandara (Bandar Udara)

Bandar Udara atau sering disingkat Bandara atau dalam Bahasa Inggris disebut Airport. Merapakan sebuah fasilitas dimana Pesawat Terbang seperti Pesawat Udara dan Helikopter dapat lepas landas dan mendarat.

Suatu Bandara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah Landasan Pacu atau Helipad, Sedangkan untuk bandara besar biasanya dilengkapi dengan berbagai Fasilitas lain, baik untuk operator layanan Penerbangan maupun bagi Penggunanya seperti bangunan Terminal dan Hanggar.

Definisi Bandara Menurut Annex 14 dari ICAO

Bandara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan, instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan, keberangkatan dan pergerakan pesawat.

ICAO merupakan suatu badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa dan berkedudukan di Montreal. Maksud dan tujuan dari ICAO adalah untuk mengembangkan prinsip-prinsip dan tehnik-tehnik navigasi udara internasional dan membina perencanaan dan perkembangan angkutan udara internasional.

Definisi Bandara Menurut PT Angkasa Pura

Sedangkan Definisi Bandara (Bandar Udara) menurut PT (Persero) Angkasa Pura adalah Lapangan Udara, termasuk segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat.

Definisi Bandara Secara Yuridis

Secara yuridis, Bandar Udara didefinisikan sebagai kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai berikut:

  • Tempat Pesawat Udara Mendarat dan atau Tempat Pesawat Udara Lepas Landas,
  • Naik Turun Penumpang,
  • Bongkar Muat Barang,
  • Tempat Perpindahan Intra Dan Antarmoda Transportasi, yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan fasilitas penunjang lainnya.

Perkembangan Bandara (Bandar Udara)

Pada Masa Awal Penerbangan, Bandar Udara (Bandara) hanyalah sebuah tanah lapang berumput yang bisa didarati pesawat dari arah mana saja tergantung arah angin.

Pada masa Perang Dunia I, Bandar Udara (Bandara) mulai dibangun permanen seiring meningkatnya penggunaan Pesawat Terbang dan Landasan Pacu mulai terlihat seperti sekarang. Setelah perang berakhir, Bandara mulai ditambahkan fasilitas-fasilitas komersial untuk melayani penumpang.

Sekarang, Bandara (Airport) bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. Dalam perkembangannya, berbagai fasilitas ditambahkan seperti toko-toko, restoran, pusat kebugaran, dan butik-butik merek ternama apalagi di bandara-bandara baru.

Fungsi Bandar Udara (Bandara)

Kegunaan Bandara selain sebagai terminal lalu lintas manusia atau penumpang juga sebagai terminal lalu lintas barang. Untuk itu, di sejumlah Bandara yang berstatus Bandara Internasional ditempatkan petugas-petugas Bea Cukai.

Suatu Bandara Internasioanal merupakan sebuah Bandara yang dilengkapi dengan fasilitas Bea dan Cukai dan Imigrasi untuk menangani penerbangan internasional menuju dan dari negara lainnya.

Berikut ini adalah Contoh Nama Nama Bandara Internasional yang ada di Indonesia antara lain:

  • Kuala Namu (Deliserdang),
  • Soekarno-Hatta (Cengkareng),
  • Djuanda (Surabaya),
  • Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Kota Balikpapan),
  • Hasanuddin (Makassar) dan masih banyak lagi.

Fungsi Terminal Bandara (Bandar Udara)

Terminal Bandar Udara (Bandara) digunakan untuk pemrosesan penumpang dan bagasi untuk pertemuan dengan pesawat dan moda trasportasi darat. Bandar udara juga digunakan untuk penanganan pengangkutan barang (cargo).

Pentingnya pengembangan sub sector transportasi uadara yaitu:

  1. Dapat mempercepat arus lalu lintas penumpang, kargo dan servis melalui transportasi udara di setiap pelosok Wilayah Negara Indonesia.
  2. Mempercepat wahana ekonomi, memperkuat persatuan nasional dalam rangka menetapkan wawasan nusantara.
  3. Mengembangakan transportasi yang terintegrasi dengan sector lainnya serta memperhatikan kesinambungan secara ekonomis. Transportasi udara di Indonesia memiliki fungsi strategis sebagai sarana transportasi yang menyatukan seluruh wilayah dan dampaknya berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan dan peranannya maupun dalam pengembangannya.

Penamaan dan Kode Kode Bandara

Setiap Bandara memiliki kode IATA dan ICAO yang berbeda satu sama lain. Kode bisa diambil dari berbagai hal seperti nama Bandara, daerah tempat Bandara terletak, atau nama kota yang dilayani. Kode yang diambil dari nama Bandara mungkin akan berbeda dengan namanya yang sekarang karena sebelumnya Bandara tersebut memiliki nama yang berbeda.

Klasifikasi Bandara (Bandar Udara)

Sesuai dengan Keputusan Menteri perhubungan No.44 Tahun 2002 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional, pengklasifikasian Bandar dibagi dalam 3 (tiga) kelompok yaitu kelompok A, B dan C, pembagian klasifikasi menjadi tiga yang didasari dari:

  • Jenis Pengendalian Ruang udara disekitar Bandara,
  • Fasilitas Bandar Udara, dan
  • Kegiatan Operasi Bandar Udara.

Fasilitas Bandara (Bandar Udara)

Fasilitas Bandara memiliki dua tipe yakni fasilitas pokok serta fasilitas penunjang. Kedua fasilitas ini berguna untuk menyelenggarakan kegiatan pelayanan penerbangan. Berikut merupakan fasilitas-fasilitas pada Bandar Udara:

  1. Sisi Udara (Air Side)

    • Runway atau Landas Pacu yang mutlak diperlukan pesawat. Panjangnya landas pacu biasanya tergantung dari besarnya pesawat yang dilayani. Untuk Bandara perintis yang melayani pesawat kecil, landasan cukup dari rumput ataupun tanah diperkeras (stabilisasi). Sedangkan Bandara International terdapat lebih dari satu landasan untuk antisipasi ramainya lalu lintas.
    • Apron atau tempat parkir pesawat yang dekat dengan terminal building, sedangkan Taxiway menghubungkan apron dan runway. Konstruksi apron umumnya beton bertulang, karena memikul beban besar yang statis dari pesawat.
    • Untuk keamanan dan pengaturan, terdapat Air Traffic Controller (ATC), berupa menara khusus pemantau yang dilengkapi radio control dan radar.
    • Karena dalam Bandara sering terjadi kecelakaan, maka disediakan unit penanggulangan kecelakaan Air Rescue Service berupa peleton penolong dan pemadam kebakaran, mobil pemadam kebakaran, tabung pemadam kebakaran, ambulans, dan peralatan penolong lainnya.
    • Juga ada fuel service untuk mengisi bahan bakar avtur.
  2. Sisi Darat (Land Side)

    • Terminal Bandara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. Di dalamnya terdapat pemindai bagasi sinar X, counter check-in, (CIQ, Custom – Inmigration – Quarantine) untuk Bandara Internasional, dan ruang tunggu (boarding lounge) serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. Di bandar udara besar, penumpang masuk ke pesawat melalui garbarata atau avio bridge. Di bandar udara kecil, penumpang naik ke pesawat melalui tangga (pax step) yang bisa dipindah-pindah.
    • Curb, adalah tempat penumpang naik-turun dari kendaraan darat ke dalam bangunan terminal
    • Parkir kendaraan, untuk parkir para penumpang dan pengantar/penjemput, termasuk taksi.

Itulah uraian tentang Definisi BANDARA (Bandar Udara) Menurut Ilmu Penerbangan semoga bermanfaat, Jika Anda mempunyai pendapat lain, silakan tinggalkan komentar dibawah yaa.

Terimakasih..

Sharing is caring

Mungkin Anda juga menyukai

5 Respon

  1. 15/03/2021

    […] udara yang beroperasi untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dengan aman dan nyaman yaitu adalah Bandar Udara […]

  2. 22/03/2021

    […] Pesawat (Bahasa Inggris: Apron) adalah bagian dari Bandar Udara yang digunakan sebagai tempat parkir pesawat terbang. Selain untuk parkir, pelataran pesawat […]

  3. 15/04/2021

    […] Udara atau Bandara yang juga populer disebut dengan istilah Airport merupakan sebuah fasilitas dimana pesawat terbang […]

  4. 20/04/2021

    […] Undang Udang Republik Indonesia No.1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, Mendefinisikan Bandar Udara (Bandara) adalah Kawasan di daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai […]

  5. 22/04/2021

    […] satu kesatuan sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara (Bandara), angkutan udara, navigasi penerbangan, keselamatan dan keamanan, lingkungan hidup, serta fasilitas […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *