Definisi HANGGAR Menurut Ilmu Penerbangan Sesuai Jenis dan Fungsinya

Definisi Hanggar

Definisi Hanggar

Bandar Udara atau Bandara yang juga populer disebut dengan istilah Airport merupakan sebuah fasilitas dimana pesawat terbang seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat.

Suatu bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah Landasan Pacu (Runway) atau helipad (untuk pendaratan
helikopter), sedangkan untuk bandara-bandara besar biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal dan hanggar.

Definisi Hanggar (KBBI)

Sesuai dengan Judul Topik Pembahasan kali ini Admin akan berbagi Ilmu Penerbangan yaitu tentang Pengertian atau Definisi Hanggar Sesuai Jenis dan Fungsinya Menurut Ilmu Penerbangan.

Dikutip Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Definisi Hanggar adalah bangunan tertutup tempat menaruh (menyimpan, memperbaiki dan sebagainya) pesawat terbang.

Definisi Hanggar (Wikipedia)

Sedangkan Menurut Wikipedia, Hanggar adalah sebuah struktur bangunan tertutup untuk menyimpan Pesawat atau Wahana Antariksa. Hanggar terbuat dari metal, kayu dan beton.

Kata Hangar berasal dari kata Prancis Pertengahan hanghart (Penutupan di Dekat Rumah), yang berasal dari kata Jermanik, dari kata Franka *Haimgard (Penutupan Rumah atau Bagian Depan di Sekitaran Sekelompok Rumah), dari *haim (Rumah, Desa, Desa Kecil) dan Gard (Lahan).

Fungsi Hanggar

Hanggar dipakai untuk perlindungan dari cuaca, sinar matahari langsung, perawatan, perbaikan, pembangunan, pengumpulan dan penyetoran pesawat, helikompter, kapal induk dan kapal laut.

Hanggar Terbesar Milik Garuda Indonesia

Garuda Maintenance Facility

Garuda Maintenance Facility

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Menjadi Maskapai Penerbangan yang kini memiliki bengkel pesawat atau Hanggar Terbesar di Dunia. Hanggar ini berlokasi di area Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Disebut Terbesar di dunia karena hanggar ini mampu menampung hingga 16 badan pesawat, sedangkan rata-rata di dunia hanggar hanya mampu menampung 10-12 pesawat berbadan kecil (narrow body).

PT Garuda Maintenance Facility (GMF) merupakan Anak Usaha dari PT Garuda Indonesia di daulat sebagai perusahaan yang akan mengelola hanggar tersebut.

Kecanggihan lain hanggar ini nantinya akan dioperasikan teknologi canggih dan menerapkan konsep Green Energy, sehingga selain hemat listrik nantinya juga akan ramah lingkungan.

Mengingat hanggar ini memiliki luas 64 ribu meter persegi dan satu kompleks dengan hanggar lama yang sudah dimiliki Garuda Indonesia, dalam operasionalnya direncanakan juga menggunakan mobil listrik.

“Insya Allah, Pak Jokowi bisa meresmikan pada 28 September, atau kalau tidak Bu Menteri (BUMN). Sekarang sudah beroperasi, tapi belum beroperasi 100 persen,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo.

Sampai saat ini sudah ada beberapa pesawat yang berada di hanggar tersebut dalam proses perbaikan, di antaranya milik maskapai Virgin Atlantic, Nam Air, Sriwijaya, dan AirAsia.

Nantinya maskapai-maskapai tersebut menjadi bukti yang bisa ditampilkan ke Presiden Jokowi saat meresmikan hanggar yang pembangunanya memakan investasi US$ 60 juta atau setara dengan Rp 879,3 miliar (dengan kurs rupiah Rp 14.655/ dolar AS).

Untuk mendukung operasional hanggar tersebut, Arif mengaku tengah membutuhkan setidaknya ratusan teknisi. Diperkirakan, sampai akhir tahun pihaknya akan membuka lowongan pekerjaan bagi teknisi hingga 300 orang.

“Kita masih membutuhkan teknisi-teknisi lebih banyak karena dengan pertumbuhan pesawat yang kita rawat dan pasar-pasar yang kita rawat di pasar ASEAN dan internasional, kita membutuhkan banyak teknisi. Kita butuh 300 teknisi dalam satu tahun ke depan,” tutup dia. (Yas/Zul). Referensi: Liputan6.com

Itulah Definisi Hanggar yang bisa Admin Bagikan, Semoga Bermanfaat & Terimakasih..

Sharing is caring

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. 15/03/2021

    […] Suatu Bandara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah Landasan Pacu atau Helipad, Sedangkan untuk bandara besar biasanya dilengkapi dengan berbagai Fasilitas lain, baik untuk operator layanan Penerbangan maupun bagi Penggunanya seperti bangunan Terminal dan Hanggar. […]

  2. 19/03/2021

    […] jalan penghubung antara Landasan Pacu (Runway) dengan Pelataran Pesawat (Apron), Kandang Pesawat (Hanggar), Terminal atau Fasilitas lainnya di sebuah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *