Jan
08
2020
18

Syarat Menjadi Pramugara dan Pramugari Maskapai Penerbangan

Syarat Menjadi Pramugara Maskapai Penerbangan
Syarat Menjadi Pramugara Maskapai Penerbangan

Syarat Menjadi Pramugara Maskapai Penerbangan

Apa Syarat Menjadi Pramugara Maskapai Penerbangan? Masih banyak diantara kita yang ingin menjadi bagian dari cabin crew maskapai penerbanga. Pramugara adalah sebutan untuk cabin crew yang bergender laki-laki, sedangkan pramugari sebutan untuk cabin crew bergender wanita.

Sudah Kita ketahui bahwa untu mewujudkan impian menjadi salah satu bagian dari cabin crew terdapat beberapa faktor atau persyaratan diantaranya yaitu, berpenampilan menarik, berkepribadian yang menyenangkan, memiliki pengetahuan seputar dunia kepraugarian serta memiliki kemampuan yang baik dalam melayani penumpang.

Syarat Umum Menjadi Pramugara

Jika kalaian ingin menjadi pramugari atau seorang pramugara maka beberapa faktor di atas harus kalian miliki. Adapun syarat-syarat umum untuk menjadi seorang pramugara atau pramugari yaitu:

  • Tinggi badan untuk laki-laki minimal 170cm
  • Tinggi badan untuk wanita minimal 160cm
  • Berat badan proporsional
  • Good looking (Berpenampilan Menarik)
  • Saat mendaftar usia minimal 18 tahun, maksimal 23 tahun.
  • Dapat berkomunikasi dan menguasaiĀ  Bahasa inggris
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak bertatoo
  • Tidak berkacamata
  • Tidak buta warna
  • Tidak memiliki bekas luka permanen dibagian tubuh yang terlihat seperti diwajah, tangan ataupun di kaki.
  • Tidak milki riwayat penyakit hepatitis dan asma.
  • Bebas narkoba
  • Belum menikah

Nah, diatas merupakan syarat syarat umum yang harus kalian penuhi untuk mewujudkan ciata-cita Anda sebagai calon pramugara. Selain persyaratan diatas, Ada juga tahapan seleksi yang harus kalian tahlukan diantaranya:

1. Tes Performance

Tes Performance atau lebih dikenal dengan Tes Penampilan adalah tes yang paling awal bagi Anda yang ingin menjadi Seorang Pramugara, Tes ini meliputi beberapa penilaian seperti make up, rambut, cara berpaikaian samapai penilaian cara berjalan Anda.

2. Tinggi dan Berat Badan

Dalam tahap Tes Performance, Sebagai calon cabin crew tinggi dan berat badan memang sangat lah penting karena berpemgaruh pada penapilan. Untuk pramugara (laki-laki) tinggi badan minimal 170cm, sedangkan untuk pramugari tinggi badan minimal 160cm,

3. Psikotes

Psikotes pada dasarnya untuk mengukur pengetahuan dan tingkat emosi para peserta calon Pramugari/pramugara, berisikan tentang cara menghitung cepat sehingga akan membuat emosi kita naik. Pada tahap ini akan dinilai dengan cara grafik yang di hasilkan saat menjawab pertanyaan, juga terdapat penilaian tentang kerapihan hal ini akan dilihat dari cara menggambar sesuatu yangdi sukai.

5. Medical Cek-Up

Pada tahap ini bisa di bilang cukup sulit karena harus di persiapakan jauh sebelum melamar pramugari/pramugara bagaimana tentang kondisi kesehatan tubuh kita. Bagi laki-laki yag perokok itu tidak jadi masalah selagi kondisi masih sehat, untuk masalah perawan atau tidak itu juga tidak menjadi masalah, yang terpenting jangan sampai kekurangan Hemoglobin karena itu akan menjadi masalah untuk para pendaftar.

5. Interview User

Interview User berisi tentang wawancara untuk mengukur pengetahuan anda seputar Maskapai penerbangan atau pramugari. Dibutuhkan informasi dan sedikit hafalan pada tahap ini, tapi jangan terlalu tengang.

6. Inteview Kompetensi

Sedangkan untuk interveiw kompetensi cenderung membahas tentang pertanyaan-pertanyaan seputar kepribadian Anda dan baik dari kegiatan kegiatan sehari hari hingga latar belakang hidup anda.

7. Pantuhir

Pada tahap Pantuhir atau Penentuan akhir, para peserta hanya diniai selama 5 detik yaitu bagaimana cara masuk keruangan dan keramahannya saja. Perlu diingat ketika akan masuk ruagan usahan selalu mengetuk pintu sebelum masuk ke ruangan dan setelah masuk ucapkan salam dan berjabat tangan dengan orang yang ada di dalam karenaitu menunjukan sifat bersahabat.

Itulah gambaran tentang Syarat Menjadi Pramugara di Perusahaan Penerbangan, semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan semoga bermanfaat.