Jan
20
2020
0

Berikut 10 Tahapan Tes Seleksi Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tahapan Tes Seleksi Calon Pramugari
Tahapan Tes Seleksi Calon Pramugari

Tahapan Tes Seleksi Calon Pramugari

Tahapan Tes Seleksi Calon Pramugari – Pramugari merupakan STAFF atau Karyawan perusahaan angkutan udara dengan tugasnya untuk melayani penumpang. Dengan begitu, tugas utama bagi mereka adalah untuk memastikan keselamatan serta melayani penumpag selama dalam perjalanan.

Pekerjaan dengan kriteria penampilan menarik ini sangat digemari oleh kalangan wanita, sehingga banyak anak muda yang baru Lulus Sma/Smk Sederajat mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai pramugari.

Untuk lolos menjadi seorang Pramugari tidaklah mudah, Tetapi sebenarnya ada cara sukses untul lolos tes seleksi pramugari yang bisa Anda gunakan agar bisa bergabung dengan maskapai penerbnagan yang Anda inginkan.

Penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan ini juga bisa dibilang tinggi dan banyak keuntungan lain yang didapatkan. Dengan profesi Pramugari tersebut, Anda bisa berkeliling dunia tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Oleh karenanya, dijaman milenial seperti ini, sangat banyak sekali kalangan remaja (wanita) yang ingin menjadi seorang pramugari dengan tujuan jalan-jalan untuk di posting di akun Sosial Media mereka, yang tentunya bisa menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi mereka sebagi seorang Pramugari.

Tahapan Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan di Indonesia

Untuk menjadi seorang Pramugari tentunya tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Namun, Anda bisa mengetahui beberapa tips berikut ini untuk bisa mendapatkan Profesi Pramugari yang Anda inginkan.

1. Tes Penampilan

Bagi calon pramugari, pertama kali yang akan dilihat oleh pihak penyeleksi adalah tentang penampilan. Pada tes ini akan berfokus pada berat badan, tinggi badan dan juga cara berjalan. Selain itu, calon pramugari juga harus menyerahkan berbagai dokumen yang harus diperlukan dan juga memperkenalkan diri dengan bahasa inggris.

2. Tidak Menggunakan Make Up Berlebihan

Pekerjaan ini memang mengutamakan penampilan yang menarik, tetapi bukan seperti model atau bintang iklan, sehingga tidak dianjurkan untuk Anda sebagai calon pramugari menggunakan make up secara berlebihan saat melamar kerja sebagai pramugari.

Berdandanlah secara menarik dengan natural dan tidak berlebih. Bahkan disarankan untuk tidak menggunakan perhiasan berlebihan seperti gelang, kalung, cincin, ketika ingin mengikuti tes seleksi pramugari.

3. Tinggibadan Minimum Pramugari

Selain Kesehatan, untuk menjadi seorang pramugari juga harus memenuhi syarat tinggi badan minimum yaitu untuk wanita 158cm, sedangkan untuk laki-laki (pramugara) tinggi minimumnya adalah 170cm dengan berat badan yang ideal atau proposional.

4. Sehat Jasmani dan Rohani

Mengingat pekerjaan sebagai pramugari ini sangat mengutamakan kepentingan dan keselamatan umun, maka Anda harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani agar bisa menjaga keselamatan penumpang.

Pekerjaan ini tidak akan menerima calon pegawai yang memiliki riwayat penyakit berat seperti sakit jantung, hepatitis dan lainya. Oleh sebab itu, Anda harus mengecek kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan Anda.

5. Mempunyai Kemampuan Akademik

Sebenarnya untuk menjadi pramugari ini hanya mensyaratkan lulusan SMA, tetapi Anda harus lolos psikotest dan mempunyai kemampuan dalam berbahasa inggris bisa menjadi nilai plus untuk Anda.

Kemampuan bahasa Inggris memang tidak wajib. Namun bisa dipastikan jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, peluang Anda akan lebih besar bila dibandingkan jika Anda tidak memiliki kemampuan tambahan.

Kedua hal tersebut yaitu Psikotes dan Bahasa Asing harus Anda kuasai karena pramugari akan berhadapan langsung dengan penumpang yang berasal dari dalam ataupun luar negri.

6. Memiliki Rasa Percaya Diri Ketika Melakukan Tes Seleksi

Seorang pramugari harus memiliki skill berkomunikasi dan juga percaya diri. Pada saat melakukan tes wawancara, jawablah setiap pertanyaan dengan lantang dan percaya diri sehingga tidak menimbulkan keraguan bagi pihak mereka.

Beberapa hal tersebut merupakan cara sukses lulus tes seleksi pramugari yang harus anda ketahui. Dengan berbagai cara tersebut, maka ada kemungkinan besar akan lolos dalam tes seleksi tersebut.

7. Tes Interview User

Tes ini berisi tentang waancara seputar pengetahuan tentang maskapai penerbangan atau perusahaan yang sedang Anda lamar, usahakan setiap Anda mengikuti setiap tahap tes Anda harus tetap menjaga Penampilan.

8. Tes Wawancara Kompetensi

Wawancara ini berisi tentang siapa Anda, dan kemampuan apa yang anda miliki.

9. Tes Medex

Tes ini berisi tentang pengecekan kesehatan anda secara menyeluruh mulai dari kesehatan kulit, gigi, telinga,  mata hingga jantung dan paru-paru Anda juga akan di tes.

10. Panthukir

Tes ini adalah penentuan akhir apakah anda diterima atau tidak. Biasanya Anda akan dihadapkan dengan Para Direksi atau Para Pimpinan Dari Maskapai Penerbangan yang sedang anda lamar.

Nah beberapa informasi tersebut adalah cara sukses lolos tahapan tes seleksi pramugari yang bisa Anda pelajari. Yang pasti Anda harus mempertimbangkan berbagai hal agar bisa diterima dalam maskapai penerbangan tersebut. Selamat mencoba.