Des
25
2019
0

Inilah Tugas Tugas Sebagai STAFF Airlines Yang Bekerja di Bandara

Tugas Tugas Sebagai STAFF Airlines
Tugas Tugas Sebagai STAFF Airlines

Tugas Tugas Sebagai STAFF Airlines

Siapa nih yang sering berpergian menggunkan pesawat terbang? Saat ini sudah banyak Bandara bertaraf Internasional yang ada di berbagai dearah membuat masyarakat Indonesia lebih nyaman dalam menikmati perjalanan Penerbangan.

Apaila Anda sudah pernah malukan perjalanan menggunakan Pesawat Terbang, pastinya sudah mengenal dengan Profesi yang namanya Staff Airline atau sering disebut juga sebagai Staff Bandara.

Hal itu karena setiap Bandara pasti memiliki petugas yang namanya Staff Airlines, karena Tugas Menjadi STAFF Airline di Bandara sangatlah penting. meskipun terdapat berbagai macam bidang Profesi di Dunia Penerbangan.

Deretan Tugas Sebagai STAFF Bandara

Mungkin Anda tertarik dengan salah satu bidang pekerjaan ini? Lalu memutuskan untuk menjadi Staff Airline? Untuk itu mari kita bahas lebih detail mengenai bidang pekerjaan yang satu ini yaitu Staff Airlines.

1. Ticketing

Tugas STAFF Airlines Ticketing

Tugas STAFF Airlines Ticketing

Sudah menjadi tugas utama dimana Staff Airlines akan menghadirkan pelayanan ticketing. Rata-rata deskripsi dari proses kerja ticketing ini sangat penting agar nanti setiap penumpang bisa terlayani terutama saat issued tiket penerbangan ataupun menggunakan jasa layanan go show hingga pemesanan tiket melalui telepon dan aplikasi.

2. Check in Counter

Check in Counter Staff Airline

Check in Counter Staff Airline

Selanjutnya salah satu tugas staff airlines ialah check in counter, dimana  seorang staff airlines memiliki tugas menerima penumpang yang sudah melapor untuk penerbangan dengan metode mencetak boarding pass dimana pada bagian dalamnya sudah tertera nama serta kode booking sesuai nomor identitas dan tiket. Bahkan dari peran petugas checkin couter sendiri memiliki hak untuk tidak menerbitkan boarding pass.

3. Service

Tugas STAFF airlines di bandara juga meliputi bagian service dimana sangat cocok untuk menampingi penumpang yang benar-benar mendapatkan pendampingan khsuus hingga pesawat terbang. Akan tetapi untuk pendampingan khusus hanya berlaku pada penumpang anak-anak saat tidak ada orang tua dalam proses penerbangan, ditambah lagi penumpang sakit dan lainnya.

4. Boarding Gate

Airport Boarding Gate

Airport Boarding Gate

Secara teknis tugas dari staff airlines juga mencakup aspek penting salah satunya staff boarding yang biasanya berdiri di depan pintu boarding. Staff Boarding sangat membantu penumpang dalam mengecek ruang tunggu ataupun memberi tahu mengenai penerbangan di waktu-waktu terdekat.

5. Pengecekan Bagasi

Pengecekan Bagasi Staff Airline

Pengecekan Bagasi Staff Airline

Tentunya disetiap tugas STAFF airlines di bandara akan memberi kemudahan bagi penumpang. Pengecekan bagasi sendiri dilakukan pada saat penumpang selesai melakukan penerbangan. Pencocokan nomor bagasi yang sudah tertera atau sesuai nomor yang dibawa penumpang dimaksudkan menghindari kesalahan antara bagasi seorang penumpang dengan penumpang lainnya.

6. Transfer Desk

Masih ada tugas dari STAFF airlines di bandara yakni menangani penumpang yang turun dari pesawat kemudian ingin melakukan lanjutan menggunakan maskapai yang sama. Tidak hanya itu, staff airlines sendiri memiliki fungsi untuk menghandle penumpang yang ingin melakukan penerbangan lanjutan tersebut.

Diatas merupakan beberapa hal penting dalam tugas STAFF airlines di bandara, oleh sebab itu sebelum menjadi STAFF Airlines di bandara cobalah melihat beberapa keuntungan bekerja sebagai Staff Airline berikut ini:


Keuntugan Bekerja Sebagai Staff Airlines

  • Memiliki Penghasilan Yang Cukup Tinggi
    Berbicara soal penghasilan seorang staff airlines sendiri terbilang cukup besar bahkan masih di atas UMK. Tidak hanya itu, jika seorang staff airlines mampu memberikan pelayanan maksimal maka  memiliki peluang untuk dipromosikan ke posisi lebih baik.
  • Terbiasa Hidup Rapi
    Tidak hanya dari sisi finansial saja, untuk keuntungan dalam Tugas STAFF airlines di bandara salah satunya  yaitu dapat menjalankan hidup rapi.  Karena pada dasarnya pekerjaan ini sangat menjunjung tinggi kerapihan dan kedisiplinan.
  • Tidak Mengeluarkan Biaya Transportasi
    Adapun  Keuntungan dari seorang staff airlines yakni tidak mengeluarkan biaya transportasi karena dalam beberapa perusahaan tertentu sudah tersedia fasilitas bus jemputan.
  • Tempat Kerja Yang Lebih Nyaman
    Terakhir dari aspek tempat kerja juga lebih nyaman karena tentu di dalam bandara ada fasilitas AC sebagai satu faktor kenyamanan penumpang ataupun pekerja bandara.

Bagi Kalian yang ingin menjadi STAFF Penerbangan ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu, dengan mengikuti Pendidikan & Pelatihan di Sekolah Penerbangan.

Dari berbagai macam tugas STAFF Airlines di bandara serta keuntungan yang di dapatkan diharapkan dapat memberi gambaran dan motivasi kepada Anda yang ingin menjadi Staff Airline di Bandara, Sekian & terimakasih..